Inilah Penggunaan Kata Di- yang Benar

penggunaan kata of
Ternyata ini Penggunaan Kata “of” yang Benar
August 10, 2017
tips belajar bahasa inggris
7 Cara Mudah Menguasai Bahasa Asing
September 4, 2017

Inilah Penggunaan Kata Di- yang Benar

penggunaan kata depan di

penggunaan kata depan di

Kadang kita sering merasa aneh jika melihat ada penulisan “di-” yang disambung atau dipisah dengan tidak selayaknya. Dimana pemakaian kata “di-” yang seharus dipisah malah disambung begitu pula sebaliknya. Mungkin ini terlihat nampak sepele, namun bila penulisan itu salah seperti yang terjadi di media massa yang jangkauannya sudah nasional tentu orang-orang yang tidak memahami tata bahasa akan meyakini bahwa apa yang dituliskan itu merupakan hal yang benar sehingga yang terjadi akan banyak orang yang tidak bisa membedakan antara di- sebagai awalan atau kata depan.

Memang hal tersebut tidak bisa disalahkan juga karena hal itu sudah menjadi suatu yang umum baik di media massa, cetak dan non-cetak, formal maupun informal yang ukuran fontnya sangat beragam dari yang kecil hingga besar. Dan sekarang yang jadi pertanyaannya adalah jika sampai penulisan yang tidak semestinya itu terpampang di media masaa atau iklan apakah di media tersebut tidak ada editor yang bekerja untuk mengoreksi tulisan yang salah.

Untuk meluruskan hal yang salah itu, maka di artikel ini akan diberikan ulasan mengenai penggunaan kata “di-” yang benar. Bagaimana kata “di-” tersebut disambung atau dipisah. Baiklah langsung saja, apabila ada kata “di-” yang kemudian ditambah dengan kata kerja atau menjadi kata kerja pasif, maka penulisannya yang benar itu disambung. Apabila kata “di-” ditambah selain kata kerja maka penulisannya dipisah. “Di-“ yang ditambah dengan kata kerja akan menjadi kata kerja pasif, seperti dibaca, ditulis, dipahami, dan lain sebagainya. Sedangkan kata di yang ditambah dengan kata selain kata kerja yang penulisannya dipisah, yaitu di Bandung, di jalan, di dapur, di sekolahan, di kampus, dan lain sebagainya. Selanjutnya, semua kata yang diikuti “di-” yang tidak bisa diubah akan menjadi kata untuk kalimat aktif, dan hal itu berarti di yang mengikutinya merupakan kata depan dan penulisannya dipisah dengan kata yang diikutinya.

Dan untuk semua kata yang diikuti “di-” yang bisa diubah akan menjadi kata untuk kalimat aktif yang artinya “di” yang mengikutinya merupakan imbuhan dan penulisannya digabung dengan kata yang diikutinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *